Rabu, 19 Agustus 2009

Mari Kita Sambut Bulan Ramadhan 1430 H


Kita Hampir memasuki bulan ramadhan, yaitu Bulan dimana yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, Indonesia dan tak terkecuali para blogger Joglo Abang karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan bulan dimana kita bisa menjalankan puasa ramadhan.



Gambar diambil dari :http://baiturrahmanvni.wordpress.com/2007/12/08/doa-adalah-ibadah/

Menjalankan puasa dibulan ramadhan wajib hukumnya bagi umat islam yang sudah balig, dan mampu. kecuali ada halangan tertentu. Puasa dibulan ada ramadhan sebanyak 29-30 hari secara berturut2. yaitu selama bulan ramadhan.

Walaupun bulan ramadhan telah dinanti-nanti olehpara muslim, tetapi tidak lah semua muslim menganggap kalo bulan ramadhan itu adalah bulan istimewa. Gimana tidak, ada banyak orang muslim yang dengan bangga makan, jajan minuman ataupun merokok ditempat umum. Sebenarnya itu hak mereka untuk memilih jalan hidupnya, tapi apakah harus menodai bulan ramadhan? apalagi sebagai orang muslim.

Pada bulan ramadhan banyaklah ibadah yang hanya dapat dijalankan pada bulan ramadhan, misalnya adalah sholat tarawih. Ya...walaupun tidak wajib tapi sangatlah baik kalau kita melakukan banyak ibadah untuk menebus dosa kita selama ini. Apalagi jika kita mendapat malam lailatul Qodar(maaf kalau tulisannya salah gak tahu tulisan aslinya) yaitu malam seribu bintang. Yang yang aku dengar sih amal kita akan dikalikan 1000. yah... hebatkan kalo bisa dapat?

Ya walaupun pada bulan ramadhan sering dipusingkan dengan jadwal mulai puasa. Yaitu mau ikut NU atau Muhammadiyah, ya karena penentuan awal bulan ramadhan antara Nu dan Muhammadiyah sering berbeda. sehingga ada yang hanya puasa sebanyak 29 hari karena ikut puasa yang akhir tetapi ikut idul fitri yang awal.

Yah Hari penutub bulan ramadhan adalah hari Idul Fitri. yaitu hari dimana orang saling maaf memaafkan dan kita akan kembali suci dari dosa-dosa kita.

Bulan ramadhan juga ditandai dengan petasan. Pada bulan suci ini biasanya diramaikan dan digaduhkan dengan adanya petasan. Dari petasan mini hingga petasan yang sangaat besar. Karena hampir menjadi tradisi maka kegiatan main petasan oleh anak2 atau malah orang tua pada bulan ramadhan sudah sulit dihilangkan. Oleh karena itu pada bulan ramadhan juga muncul pedangan atau penjual petasan musiman yang menjamur.

Walaupun begitu sebagai umat muslim yang taat, kita harus berjuang untuk mendapat ampunan dari Allah SWT, yah..seperti yang dilakukan para blogger joglo abang yang mempunyai cita-cita menjadi blogger nomor satu di Jagat Raya ini. Walaupun masih jauh Tapi Kami Joglo Abang akan terus berusaha menjadi Blogger profesional. Karena hidup adalah perjuangan. Dengan berdoa sepenuh hati mudah-mudahan kita mendapat ridho Allah Swt. Dan semua yang kita amalkan dibulan ramadhan dapat diterima oleh Allah yang maha kuasa.

Selamat Menunaikan Ibadah puasa tahun 1430 h / 2009.
Semoga Amal Ibadah kita diterima Allah SWT.
Amin.

By.whiteOwl/flourescent/iskato/icun/suntani dari Joglo Abang

2 komentar:

  1. amiin...
    saatnya tobatan nasuha para blogger ra nggenah :D

    BalasHapus
  2. Ramadhan adalah refleksi perut iman dan nafsu, workshop yang diselenggarakan tiap tahunnya ini dalam sebulan penuh, semoga menjadi pelatihan keimanan kita yang lebih baik.

    BalasHapus